Rabu, 02 Juni 2010

Membuat Pivot Table

Pivot table ialah suatu cara yang digunakan untuk menganalisis dengan mengelompokan data yang jumlahnya sangat banyak, dan tidak bisa digunakan dengan cara manual karena akan memakan waktu yang lama.Dengan menggunakan pivot table proses analisis akan cepat dan praktis. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Masukkan data-datanya


contoh data

2. Klik insert – klik pivot table - pivot table maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini



3. Klik OK – maka akan muncul sheet baru seperti dibawah ini :


4. Sebagai contoh kita akan mengelompokan atau menganalisa jumlah karyawan yang ada pada setiap kota. Maka :
  • Ceklis fields NIK dan PSA. Maka akan muncul seperti ini


Gambar diatas menunjukan jumlah orang pada setiap kota. Jika misalkan hanya kota Bandung aja yang akan kita cari maka :
  • Klik tanda segitiga hitam yang ada di sudut, maka akan seperti dibawah ini


Dan hasilnya akan seperti ini :



5. Apabila ingin menganalisis atau mengelompokan data yang lain bias melakukan langkah seperti di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
layout made by rindikhoirusiffa - Paper Templates